Jumat, 13 Maret 2015

Cewek Suka Minum Kopi ? Hmmm...Aman Ga Sih ?

Saya yang dilahirkan sebagai cewek, atau saya lebih senang menyebut nya "wanita" memiliki salah satu kegemaran yakni mengkonsumi kopi. Kebiasaaan tersebut sudah sangat lama, tepatnya sejak duduk di bangku SMP. Kopi saya jadikan teman di saat harus berkutat dengan buku buku dan tugas sekolah. Dan kebiasaan "ngopi" teruss berlanjut sampai dengan sekarang.
Meski terkadang dianggap tidak lazim seorang wanita itu minum kopi, namun seiring dengan perkembangan jaman dan paradigma persamaan gender, mungkin wanita akan bilang " kalau laki laki boleh minum kopi, kenapa wanita tidak boleh "  ini yang mungkin membuat wanita sekarang banyak  yang minum kopi, termasuk saya dan anda mungkin salah satu nya :)

Nah sebenarnya berbahaya atau tidak sih jika wanita menjadi penggemar kopi ? well....check it out !

Sebagaimana dinyatakan oleh Harvard Health Publications, salah satu resiko kesehatan dan bahaya kopi adalah peningkatan yang signifikan pada detak jantung manusia. Kopi bertindak sebagai stimulan sistem saraf pusat, yang pada akhirnya menyebabkan jantung memompa lebih cepat.

Bahkan para ahli memberikan peringatan bagi seseorang yang mengidap penyakit atau gejala serangan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi kopi tidak lebih dari secangkir per hari. Bagi para wanita, konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengurangi kesuburan hingga meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis pada wanita usia menapouse.

Seperti di lansir dari Mag for Women, berbagai efek samping minum kopi pada wanita sebagai berikut :

Caffenism
Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan sindrom yang dialami setelah minum kopi berupa cemas, gelisah, dan gangguan tidur. Kafein pada kopi merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon penyebab stres. Akibatnya, gula dalam darah naik, detak jantung meningkat, dan otot jadi kaku.

Gangguan pencernaan
Jika konsumsi kopi dan kafein berlebih tidak dihentikan, senyawa yang terkandung di dalamnya bisa merusak lapisan lambung dan memicu berbagai gangguan pencernaan. Kafein juga membuat respon asam meningkat dan menyebabkan diare atau sembelit.

PMS
PMS adalah gejala nyeri menjelang atau selama siklus haid pada wanita. Selain nyeri, kembung, kram, dan sakit kepala juga sering dikeluhkan oleh kaum hawa. Bisa jadi PMS tersebut dipicu oleh konsumsi kafein berlebihan. Sebab kafein sifatnya menurunkan kandungan vitamin B dan mengganggu metabolisme.

Kehamilan
Kafein dan nikotin bisa menjadi beracun jika dikonsumsi berlebihan selama hamil. Setidaknya, ibu hamil pun mengonsumsi dua cangkir kopi sehari saja. Jika diminum berlebihan, ibu berisiko melahirkan bayi prematur, keguguran, dan berbagai komplikasi yang membahayakan.

Keguguran
Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau konsumsi kopi berkafein tinggi berkaitan erat dengan kasus keguguran. Pasalnya janin juga menerima asupan kopi dari plasenta ibu hamil. Namun karena tubuhnya belum sanggup memecah senyawa dalam kopi, janin pun terancam nyawanya.

Itulah berbagai efek samping minum kopi bagi wanita. So... jangan berlebihan yaaa...









Tidak ada komentar:

Posting Komentar